Ini Dia Cara Makan Full Kolestrol Tanpa Takut Kolestrol

20.03 4 Comments


Bagaimana ya rasanya jika menikmati makanan full kolestrol tanpa takut kena kolestrol tinggi? 
Bagaimana kalau seharian penuh kita harus makan makanan full kolestrol dari pagi sampai malam? Bagaimana caranya makan enak tapi tidak takut kena kolestrol tinggi?

Kali ini saya menerima tantangan dari #Foodphilosophy untuk seharian mencicipi kuliner Surabaya yang kaya rempah dan kaya kolestrol mulai dari pagi hingga malam nonstop seharian penuh. Selama perjalanan kuliner saya, saya ditemani oleh Chef Ken,
seorang chef jebolan Masterchef Indonesia yang akan bercerita tentang makanan-makanan apa saja yang akan kami nikmati. Selain itu juga ada dr. Fanny Imanudin, pakar nutrisionis, yang akan menjelaskan kandungan makanan yang ada di setiap makanan yang akan kami santap. Berani untuk makan enak?

Kuliner Pertama, Soto Madura Tapak Siring

Soto Daging Tapak Siring

Soto Madura ini awal mulanya dijual di Jalan Tapak Siring Surabaya, maka dari itu Soto ini dinamakan Soto tapak Siring. Tapi yang kami nikmati kemarin berada di Jl. Dharmahusada, cabangnya Soto Madura Tapak Siring. Yang menjadi khas nya yaitu soto ini dipisah dari nasi nya yang dibungkus dengan daun pisang. Karena porsi nasinya yang tidak terlalu banyak, maka gak cukup sebungkus nasi untuk menemani soto yang belum habis, bisa nambah 2 bungkus lah. Bahan dasarnya dari sapi, jadi kita bisa milih apa saja yang ada di dalam mangkok soto, mulai dari daging sapi nya sendiri, jerohan sapi mulai dari usus, hati, ampela, jantung, babat, dan lain-lain. Kuah soto nya yang kaya rempah dan selalu tersaji panas membuat siapapun tertarik untuk dijadikan santapan. Seporsi soto bisa kita nikmati mulai dari harga Rp. 25.000,-. Soto ini buka mulai pagi hingga malam hari. Yang ngidam malam-malam, hmmmm…patut dicoba kuliner yang satu ini. Masih takut kolestrol tinggi?

Tugu Pahlawan

Lho kok kulineran mampir ke Tugu Pahlawan sih? Tenang mbak mas tercintah. Surabaya yang terkenal dengan kota Pahlawan ini punya Monumen yang menjadi kebanggaan arek-arek Suroboyo. Gak lengkap rasanya kalau ke Surabaya gak mampir ke Tugu yang satu ini.

Wefie di Tugu Pahlawan
Sejarah Tugu Pahlawan menurut https://id.wikipedia.org/wiki/Tugu_Pahlawan, Tugu Pahlawan adalah sebuah monumen yang menjadi markah tanah Kota Surabaya. Tinggi monumen ini adalah 41,15 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Suatu tanggal bersejarah, bukan hanya bagi penduduk Kota Surabaya, tetapi juga bagi seluruh Rakyat Indonesia. Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, di mana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia. Monumen Tugu Pahlawan menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November mengenang peristiwa pada tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan.

Tempatnya yang kece dan keren abis ini bisa membuat kamu foto-foto cantik disini. Rumputnya yang hijau, koleksi museum nya yang beragam, background yang bersejarah, dan masih banyak lagi yang bisa kamu eksplore disini. Bukanya sampe sore aja yah, kalau malam gak buka, tapi kalau kamu datang pas malam hari kamu bisa melipir ke seberang Tugu Pahlawan untuk menikmati Bebek Goreng Tugu Pahlawan yang murah dan endes gilak, Lho eh…

Kuliner Kedua, Sate Kelapa Ondemohen

Sate Ondomohen
Sate yang terletak di Jl. Walikota Mustajab ini selalu ramai oleh orang. Walaupun jalannya tidak terlalu lebar dan terbatasnya lahan parkir, tidak menyurutkan orang untuk datang kesana. Sebenarnya tempatnya juga tidak terlalu luas dan harus antri jika ingin mendapatkan tempat duduk, namun udara yang sejuk meski di dalam ruangan membuat nyaman untuk menyantap beberapa tusuk sate. 

Sate Kelapa ini sendiri terbuat dari daging ayam maupun sapi yang dilumuri dengan parutan kelapa dan dibakar diatas arang. Karena pembakaran satenya ada di paling depan warung, bisa dipastikan asap yang mengepul membuat orang menelan ludah, slurppp… Dagingnya juga empuk, kuah kacang nya juga mantap, tak lupa cabai utuh dan irisan bawang merah tersaji dalam seporsi sate ini. Selain daging, ada juga jerohan, otot, maupun gajih. Bisa dinikmati dengan nasi maupun dengan lontong. Harga seporsi dimulai dari harga Rp. 30.000. Dengan sajian yang enak ini, kalian masih mikir-mikir kolestrol? 

Kuliner Ketiga, Bebek Goreng Sinjay Madura

Selalu ramai Bebek Sinjay Madura
Masih belum kenyang kan kita? Hehehe… kali ini kita akan menyeberang ke pulau seberang, Pulau Madura. Melewati Jembatan Suramadu dengan panjang 5438 m, dan berjalan beberapa kilometer dari kaki jembatan sisi Madura, akhirnya sampailah kita ke Bebek Goreng Sinjay Madura. Bebek yang khas dengan sambal pencitnya ini juga kremes-kremes yang tertabur di atas bebek ditambah dengan nasi hangat, siapa coba yang gak pengen nambah lagi. Kolestrol? Lupa dehhhh………

Seporsi Nasi Bebek
Oh ya bagi kamu yang gak suka sama bebek, tersedia juga ayam, tak lupa jerohan ada disini. Stand-stand oleh-oleh khas Madura juga ada disini lho. Satu porsi dihargai Rp. 25.000 beserta minumnya. Murah bukan?

Kuliner Keempat, Es Krim Zangrandi 


 









Habis makan-makan saatnya untuk mencicipi yang manis-manis donk. Es krim Zangrandi pilihan yang tepat untuk memanjakan lidah kamu. Es Krim yang berdiri dari tahun 1930, ini menawarkan berbagai macam rasa es krim. Rasanya pas dan teksturnya yang lembut, cocok-cocok aja tuh walau hujan mengguyur kota Surabaya. Soal harga sebanding lah sama rasanya, dibandrol mulai harga Rp. 35.000.

Kuliner Kelima, Pipe and Barel

Masih inget gak sama Chef Ken? Nah kita dikasih kesempatan nih buat mengunjungi café yang didirikan oleh jebolan Masterchef ini. Desain café nya epic banget deh, cocok deh buat upload-upload di instagram, hehehe… soal rasa, sebanding lahhhh…



Spot kece buat foto
Semua peserta ditantang untuk masak resep yang sudah disediakan oleh Chef Ken. Simple banget kok resepnya.


Resep Sederhana ala Chef, Sayap ayam pedas telor asin
3 siung bawang putih, iris tipis
3 siung bawang merah, iris tipis
2 buah serai, ambil putihnya iris tipis
3 cm jahe, iris halus
2 lembar daun jeruk, iris tipis
1 butir telor asin matang
5 buah sayap ayam goreng
Cabe rawit hijau secukupnya
Minyak goreng
Garam, gula, merica secukupnya

Cara memasak :
1. Pisahkan putih telur dengan kuning telur, lalu masukkan putih telur kedalam wajan yang telah diberi minyak, orak arik, sisihkan di pinggiran wajan.
2. Tambahkan minyak, masukkan bawang putih, bawang merah, jahe, sereh, cabe rawit hingga harum lalu campur putih telur dan aduk.
3. Masukkan sayap ayam, daun jeruk, garam, gula, merica aduk hingga rata.
4. Masukkan kuning telor dan aduk hingga berbuih , lalu angkat dan sajikan.

Bukannya sombong, bukannya congkak sih, tapi ya gimana ya, udah biasa sih juara lomba masak-masak, wkwkwkw…. Dan saya menang juara 2, hehehe…. Kolestrol lewatttt……..


Kuliner Keenam, Terminal Seafood


Makan malam sekaligus makanan penutup dalam rangkaian #Foodphilosophy trip yaitu Seafood sodara-sodara. Kepiting, cumi, ikan, kerang, udang diolah dengan berbagai macam bentuk ada di meja saya. Slurppp… menggoda dan menantang sekali untuk dihabiskan. Dan apalah daya teman makan saya semeja pada seafoodlover, habislah  sudah semua makanan di meja tanpa terkecuali, malah nambah-nambah dari meja sebelah, hehehe… yang lagi alergi, hajarrrrr… yang kena kolestrol, hajarrrrr….


Gila nih orang, makan dari pagi sampai malam kok gak takut kolestrol sih? Gak takut nanti pusing dan cenut-cenut? Kolestrol aman? Yakin kuat makan full kolestrol?
Banyak pertanyaan yang masuk ke saya, dari mulai social media instagram @intansuka maupun pesan pribadi, dan ini dia rahasia saya kenapa saya bisa makan enak tanpa takut kolestrol.
hemaviton Cardio dan hemaviton Glucare. Hemaviton Cardio merupakan suplemen kesehatan dengan cara kerja unik yaitu dengan mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam darah, karena hemaviton Cardio mengandung Phytosterol. Phytosterol adalah bahan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang dapat menggantikan kolesterol yang diserap oleh saluran cerna, sehingga menjadi pencegahan dini dari masuknya kolesterol dalam darah.

Sedangkan hemaviton Glucare merupakan suplemen  multivitamin , dilengkapi dengan  Nicotinenate dapat membantu  meningkatkan  sensivitas jaringan  tubuh terhadap insulin  sehingga  jaringan  tubuh dapat menyerap gula darah dan memanfaatkannya  menjadi energi, sehingga mampu mengurangi  kadar gula dalam darah  dan  menurunkan resiko terjadinya  penyakit diabetes meletus.
Minumnya pada saat atau sesudah makan 1 tablet 3 x sehari.

Follow IG @hiduphealthy untuk yang tidak takut kolestrol. #foodphilosophy


Penyuka siomay’, penyuka kwetiaw, penyuka green tea dan tiba-tiba suka berpergian’hanya untuk menikmati alam’

4 komentar:

  1. Haha utg aku kamu usir mbak dan masak sendiri. Mungkin ini berkahnya kita menang wkwk

    BalasHapus
  2. aq tau kamu emang punya skill masak yang disembunyikan, wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  3. wah-wah... wisata kuliner full kolesterol tanpa takut kolesterol keren.... bikin ngiler... haha... kudu nyetok hemaviton Cardio dan hemaviton Glucare yang banyak nih... makasih mbak buat tipsnya...
    by: nofan

    BalasHapus
  4. makasih informasinya sangat bermanfaat.. btw foto - fotonya keliatan enak banget jadi ngiler...:D

    BalasHapus